Selasa, 21 Mei 2019 – 20:01 WIB

4 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Hipertensi

Kamis, 16 Mei 2019 – 23:09 WIB
4 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Hipertensi - JPNN.COM

jpnn.com - Bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, perubahan gaya hidup, olahraga, makanan, dan juga obat menjadi modal utama dalam membantu mengontrol penyakitnya. Khusus soal makanan, penderita hipertensi selain perlu mengetahui makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatannya, juga makanan yang harus dihindari agar tekanan darahnya tidak semakin tinggi.

Dari sekian banyak makanan yang wajib dihindari, ada beberapa jenis makanan yang hampir selalu muncul dalam menu makanan yang ditemui sehari-hari. Padahal, makanan-makanan tersebut memiliki dampak yang sangat besar dalam mendongkrak tensi darah.

Berikut adalah beberapa jenie makanan yang wajib dihindari oleh penderita diabetes:

1. Garam

Semua penderita hipertensi pasti pernah mendapat wejangan untuk menghindari garam dalam menu harian. Namun kenyataannya,  banyak yang mengonsumsi garam tidak sesuai anjuran. Lalu, berapa banyak batasan jumlah garam yang boleh dikonsumsi untuk penderita hipertensi?

American Heart Association merekomendasikan konsumsi garam harian tidak boleh lebih dari 1.500 mg per hari atau setara dengan tiga per empat sendok teh. Tidak hanya di makanan utama, kandungan garam di camilan dan minuman juga harus diperhatian.

Jika dikonsumsi berlebih, garam di dalam tubuh akan semakin mengikat air dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan tekanan darah penderita hipertensi.

2. Daging olahan

Garam juga banyak dipakai dalam daging olahan. Sosis, bakso, ham, dan daging olahan sejenis mengandung kadar natrium yang sangat tinggi. Selain untuk memperkaya rasa, pabrik daging olahan juga menambahkan natrium dalam jumlah banyak sebagai pengawet, agar makanan tersebut dapat lebih tahan lama.

Natrium sendiri adalah unsur utama pembentuk garam. Jadi, kelebihan asupannya jelas akan memperburuk kondisi hipertensi. Oleh karena itu, menu-menu yang mengandung daging olahan sebaiknya sangat dihindari.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar