4 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor Saat Kerja Bakti Bangun Musala di Banggai Laut

4 Orang Tewas Tertimbun Tanah Longsor Saat Kerja Bakti Bangun Musala di Banggai Laut
Operasi SAR gabungan bersama warga setempat melakukan evakuasi korban tanah longsor di Desa Kaukes, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sabtu (15/7). Foto: Antara/HO-Humas BPBD Sulteng

jpnn.com, BANGGAI LAUT - Sebanyak 4 orang tewas tertimbun tanah longsor saat sedang melaksanakan kerja bakti membangun musala di Desa Kaukes, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sulteng Andy A Sembiring mengungkapkan peristiwa memilukan itu terjadi pada Sabtu (15/7) pagi.

"Kejadiannya pukul 09.30 WITA," ungkap Andy, Minggu (16/7).

Dia mengungkapkan longsor terjadi saat warga Desa Kaukes, Kecamatan Bokan Kepulauan sedang melaksanakan kerja bakti untuk menimbun fondasi bangunan musala di wilayah tersebut.

Namun lokasi yang menjadi tempat warga mengambil tanah atau batu kapur itu tiba-tiba runtuh dan menyebabkan enam orang tertimbun longsor.

"Dalam peristiwa itu, empat orang meninggal dunia, sementara dua orang lainnya luka-luka," bebernya.

Empat orang yang meninggal dunia bernama Sukia (40), Muliana (44), La Mou (50), La Jeni (42).

Dua orang yang mengalami luka-luka bernama Alwan (42) dan Suaib (42).

Andy mengatakan korban meninggal dunia telah diserahkan kepada keluarga masing-masing dan korban luka-luka menjalani perawatan di Puskesmas Bungin.

Setelah menerima laporan, kata dia, operasi gabungan dari Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai Laut, Dinas Sosial, tim SAR dan Satuan Polisi Pamong Praja melakukan pendataan serta kaji cepat dan membantu mengevakuasi korban di lokasi kejadian.

"Masyarakat setempat membantu melakukan evakuasi dini sambil menunggu operasi SAR gabungan," terangnya.

Andy menyampaikan situasi saat ini sudah aman dan pihaknya berupaya memenuhi kebutuhan mendesak warga, seperti kebutuhan pangan. (antara/jpnn)

4 orang tewas, dua orang lainnya luka-luka akibat tertimbun tanah longsor saat para korban sedang kerja bakti menimbun fondasi musala di desanya


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News