4 Remaja Masjid Bersekongkol Membobol Kotak Amal, Petugas Kebersihan pun Terlibat

4 Remaja Masjid Bersekongkol Membobol Kotak Amal, Petugas Kebersihan pun Terlibat
Remaja Aceh yang melakukan pembobolan kotak amal masjid ditahan di Mapolsek Lueng Bata Polresta Banda Aceh, Rabu (17/3/2021) (ANTARA/HO)

jpnn.com, BANDA ACEH - Anggota Polsek Lueng Bata, Banda Aceh menangkap empat remaja dan seorang petugas kebersihan halaman Masjid Jamik setempat yang bersekongkol membobol kotak amal.

Menurut polisi, perbuatan tak terpuji para pelaku sudah berlangsung selama enam bulan terakhir.

Lima pelaku masing-masing berinisial FR (21), IR (22), AS (17), AN (19) warga Banda Aceh dan Aceh Besar, serta DU (46), warga Kabupaten Pidie yang bertugas sebagai petugas kebersihan halaman masjid.

"Mereka berhasil menguras isi kotak amal masjid hampir Rp 50 juta dengan obsesi sebagai uang saku keperluan sehari-hari," kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, di Banda Aceh, Kamis (18/3).

Kombes Joko mengatakan aksi pencurian kotak amal masjid itu diketahui setelah terekam kamera CCTV. Empat pelaku yang merupakan oknum remaja masjid tersebut beraksi dengan bantuan DU.

Aksi pencurian itu terungkap ketika panitia Badan Kemakmuran Masjid (BKM) melakukan pengecekan terhadap kotak amal, dan ditemukan cairan perekat berupa lem pada lubang kotak tersebut.

Panitia BKM lantas mengecek pada monitor kamera pengawas dalam masjid. Namun, yang terekam hanya visual saat salah seorang pelaku memasuki ruangan operator untuk menonaktifkan kamera CCTV.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke polisi dan setelah dilakukan penyelidikan, penyidik menemukan identitas para pelaku, dilanjutkan penangkapan di sejumlah lokasi.

Polisi menyebut aksi kelima tersangka pembobol kotak amal masjid sudah berlangsung 6 bulan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News