4 Skandal Ini Bikin Bibi Terancam Kehilangan Kursi

4 Skandal Ini Bikin Bibi Terancam Kehilangan Kursi
PM Israel Benjamin Netanyahu. Foto: AFP

jpnn.com - Sejak setahun lalu, PM Israel Benjamin Netanyahu dibelit berbagai skandal. Beberapa pengamat menilai bahwa Bibi –panggilan Netanyahu– bakal lengser gara-gara kasus-kasus itu. 

1. Case 1000*

Netanyahu dan istrinya, Sara, dituding menerima hadiah-hadiah mahal dari beberapa pengusaha. Mulai cerutu, sampanye, hingga perhiasan mewah. Dua di antara taipan yang membanjiri Netanyahu dengan hadiah adalah produser film kelahiran Israel Arnon Milchan dan pebisnis Australia James Packer. Hadiah dari para pengusaha itu diduga sebagai suap agar urusan mereka dipermudah. Netanyahu mengakui menerima hadiah itu, tapi menampik telah melanggar aturan.

 

2. Case 2000

Polisi mendapatkan rekaman negosiasi antara Netanyahu dan Arnon Mozes, pemilik penerbitan Yedioth yang kerap mengkritik pemerintah. Negosiasi dilakukan sebelum Netanyahu mencalonkan diri lagi pada 2015. Isinya, Yedioth akan mengurangi kritikan kepada pemerintah. Sebagai kompensasi, Netanyahu memastikan Israel Today –pesaing Yedioth– tak akan cetak terlalu banyak.

 

3. Case 3000

Sejak setahun lalu, PM Israel Benjamin Netanyahu dibelit berbagai skandal. Beberapa pengamat menilai bahwa Bibi –panggilan Netanyahu–

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News