5 Bahan Kimia Ini Berbahaya Dalam Kosmetik

5 Bahan Kimia Ini Berbahaya Dalam Kosmetik
Ilustrasi kosmetik. Foto: AFP

jpnn.com - Mengenali bahan kimia berbahaya dalam kosmetik sepertinya patut dilakukan oleh kaum hawa. Pasalnya, wanita sering kali mengisi keranjang belanjaannya hingga penuh tanpa memperhatikan bahan apa yang terkandung di dalamnya.

Yang penting, diskon dan bisa mengulasnya di media sosial!

Padahal, kebiasaan tersebut sangat tidak baik bila dilakukan terus-menerus. Pertama, dampaknya dapat membuat kulit Anda rusak. Kedua, bisa menguras pundi-pundi isi kantung Anda! Agar Anda terhindar dari dua kondisi tersebut, karena itu, jangan pernah memilih kosmetik yang mengandung 5 bahan kimia berikut: 

1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS kerap digunakan sebagai pembuat busa dan pembersih dalam produk bilas. Nah, bagi Anda pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari produk dengan kandungan tersebut. Ini karena dapat mengiritasi kulit!

Kosmetik yang mengandung SLS juga tak boleh masuk ke mata. Selain itu, hindari pula penggunaannya terhadap anak-anak, apalagi bayi.

2. Paraben

Paraben termasuk zat yang paling banyak digunakan dalam kosmetik. Zat tersebut dapat ditemukan dalam buah blueberry dan juga sayur wortel. Di Amerika Serikat sendiri, penggunaan produk yang mengandung paraben sudah dikurangi karena kerap dikaitkan dengan peningkatan kanker payudara.

Itu dia lima bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang sebaiknya Anda hindari karena bisa berdampak buruk pada kulit Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News