5 Cara Mencegah Penyakit Meningitis

5 Cara Mencegah Penyakit Meningitis
Meningitis

jpnn.com - Meningitis merupakan radang selaput otak yang terjadi akibat adanya infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini sempat tenar pada 2014 dan 2015, khususnya setelah komedian Olga Syahputra mengalaminya hingga akhirnya tutup usia.

Berdasarkan penjelasan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, meningitis terjadi saat virus atau bakteri masuk ke cairan otak. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, namun paling sering pada bayi dan kelompok usia lanjut.

Meningitis akibat infeksi virus tidak sama dengan meningitis akibat infeksi bakteri. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

1. Meningitis virus

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, meningitis akibat infeksi virus lebih sering terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa. Meningitis jenis ini dapat sembuh dengan sendirinya, dalam waktu 7 hingga 10 hari. Meski begitu, keadaan pasien harus tetap dalam pengawasan yang ketat.

2. Meningitis bakteri

Meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa menjadi sangat serius dan berpotensi mematikan. Orang sehat sekalipun bisa terkena penyakit meningitis jenis ini. Akan tetapi, orang tua dan anak-anak lebih sering terkena dibandingkan dengan dewasa muda.

Mencegah meningitis

Meningitis adalah penyakit serius yang bisa berujung pada kematian. Karena itu, cara terbaik supaya tidak berakhir fatal akibat penyakit tersebut adalah dengan melakukan tindakan pencegahan.

Jangan tinggal diam dan membiarkan meningitis menyerang. Lakukan tindakan-tindakan pencegahan dan segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasa mengalami gejala penyakit ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News