5 Gangguan ini Biasanya Kerap Menyerang Saat Bulan Puasa

5 Gangguan ini Biasanya Kerap Menyerang Saat Bulan Puasa
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Puasa di bulan Ramadan sangat baik bagi tubuh. Namun terkadang, gangguan kesehatan kerap terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola dan waktu makan.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul saat bulan puasa, seperti dilansir dari klikdokter:

1. Mag

Mag memang kerap muncul, terutama pada penderita mag. Penyebabnya, karena terjadi peningkatan asam lambung akibat lambung kosong selama berpuasa. Selain itu, salah memilih menu sahur dan buka puasa bisa memperparah mag.

Anda juga perlu menghindari rokok dan asupan yang mengandung gas seperti kubis dan minuman bersoda. Singkirkan makanan berlemak, makanan pedas, dan kopi dari meja makan.

2. Hipoglikemia.

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah bisa terjadi lantaran mengonsumsi gula berlebih saat sahur. Akibatnya, tubuh menghasilkan hormon insulin secara berlebihan, sehingga kadar gula darah menurun.

Selain itu, kebiasaan melewatkan sahur juga bisa memicu hipoglikemia. Keluhan seperti lemas, gelisah, berdebar, mual-muntah, serta nyeri kepala pun akan menghantui sepanjang hari.

Puasa di bulan Ramadan sangat baik bagi tubuh. Namun terkadang, gangguan kesehatan kerap terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News