5 Langkah Mengatasi Mobil Matik yang Terkena Banjir

5 Langkah Mengatasi Mobil Matik yang Terkena Banjir
ILUSTRASI. Mobil Menerjang Banjir. Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki awal tahun baru tepatnya 1 Januari 2020, Jakarta dan sekitarnya sedang diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Tentu saja, imbasnya selain rumah dan perabotan, juga turut merendam mobil pribadi.

Sebagian di antaranya mobil matik alias bertransmisi otomatis ikut terendam banjir. Lantas bagaimana mengatasinya agar mobil tidak rusak?

Teknisi Ahli di Worner Matic Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic, Herman Prabowo membagikan penanganan darurat kepada pemilik mobil matik yang terkena banjir.

“Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry," ungkap Hermas lewat pesan singkatnya, Rabu (1/1).

Ia menuturkan ada lima cara mengatasi masalah ketika mobil matik terkena banjir. Berikut tips menangani mobil bertransmisi otomatis yang kebanjiran:

- Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.

- Lepas konektor baterai (aki) di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

- Cukup sampai di poin 3 saja. Selanjutnya adalah pekerjaan bengkel/mekanik profesional. Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri.

Jakarta dan sekitarnya sedang diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Tentu saja, imbasnya selain rumah dan perabotan, juga turut merendam mobil pribadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News