5 Langkah Sederhana Merawat Sistem Rem Mobil

5 Langkah Sederhana Merawat Sistem Rem Mobil
Saat proses perawatan berkala di bengkel (Foto: Ist)

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu mekanisme penting dalam keselamatan berkendara adalah sistem pengereman. Tidak saja berfungsi menjaga keamanan pengendara tapi juga orang di sekitar jalan.

Secara umum, karena rem merupakan perangkat mekanis dan menjadi komponen vital, maka dibutuhkan perawatan secara teratur dan berkala.

Pemeriksaan sederhana dan periodik membantu mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan hilangnya kinerja rem.

Berikut tips singkat merawat rem di kendaraan pribadi oleh Trys, mekanik dari bengkel mobil Indomakmur yang berlokasi di Cimanggis, Depok.

"Mengecek rem mobil itu bisa dilakukan sendiri. Jadi tak perlu takut tidak memiliki peralatan lengkap buat bongkar ban. Cukup tahu efeknya dan tanda-tanda kalau rem sudah harus ganti," katanya membuka pemcicaraan.

1. Untuk mobil keluaran terbaru standarnya sudah dilengkapi indikator tingkat kewajaran oli atau minyak rem. Namun, efek dari sistem pengereman bisa dilakukan pengetesan secara manual.

Caranya, tinggal ambil jarak beberapa meter, baik maju atau mundur dan kemudian injak pedal rem. Rasakan kepakemannya, jika sudah meyakinkan baru langsung tancap gas.

2. Sementara jika saat pengetesan timbul getaran yang lebih dari biasanya saat mengerem. Maka sudah selayaknya untuk penggantian komponen.

Salah satu mekanisme penting dalam keselamatan berkendara adalah sistem pengereman. Tidak saja berfungsi menjaga keamanan pengendara tapi juga orang di sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News