JPNN.com

5 Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Selasa, 26 Mei 2020 – 20:30 WIB
5 Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi - JPNN.com

jpnn.com - Perawatan ortodontik atau kawat gigi bisa memakan waktu yang cukup lama. Umumnya, lama perawatan behel sampai 2 tahun. Namun, jika pasien tidak rutin kontrol, durasi waktu perawatannya pun akan bertambah menjadi paling lama 7 tahun.

Karena lamanya perawatan gigi tersebut, masalah gigi dan mulut biasanya akan muncul, seperti gusi berdarah, terdapat lubang gigi di sekitar behel, dan lainnya. Selain lamanya pemakaian kawat gigi, tidak rajin menjaga kebersihan behel pun menjadi faktor pemicu radang gusi.

Salah satu upaya agar terhindar dari radang gusi ternyata bisa melalui konsumsi teh hijau. Yuk, simak manfaat teh hijau bagi pengguna kawat gigi!

Manfaat Teh Hijau untuk Pengguna Behel

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti berperan sebagai antioksidan, membakar lemak, mencegah penuaan dini, dan lain-lain. Selain itu, ada juga manfaat teh hijau pada penggunaan kawat gigi, seperti: 

1. Terhindar dari Radang Gusi

Radang gusi umumnya terjadi karena adanya behel pada gigi sehingga menyulitkan pembersihan gigi. Plak gigi dan sisa makanan yang menumpuk di sekitar behel gigi tersebut lama kelamaan dapat menyebabkan gusi meradang. 

Menurut seminar ilmiah KPPIKG 2013, berkumur dengan teh hijau yang kaya antioksidan dapat menurunkan kadar aspartate aminotransferase (AST) pada pasien ortodontik. Kadar AST yang tinggi menunjukkan adanya peradangan pada gusi. 

2. Menyehatkan Gusi dan Mencegah Gigi Berlubang

Teh hijau mengandung katekin di dalamnya. Katekin efektif membunuh bakteri penyebab penyakit gusi dan bakteri penyebab gigi berlubang. Karena itu, sayang sekali jika Anda melewatkan manfaat teh hijau yang satu ini. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy