5 Olahraga Bagi yang Mudah Sesak Napas

5 Olahraga Bagi yang Mudah Sesak Napas
Ilustrasi

jpnn.com - TIDAK ada larangan bagi pasien asma untuk berolahraga, malah justru dianjurkan. Namun pemilihan jenis olahraga sebaiknya dipertimbangkan baik-baik, sebab beberapa di antaranya bisa memicu sesak napas kambuh. Beberapa jenis olahraga yang aman dan dianjurkan bagi pasien asma adalah sebagai berikut:

1. Yoga

"Saya pikir karena kontrol napas. Latihan napas mengaktifkan area yang lebih besar di paru-paru," kata ahli penyakit dalam di Lenox Hill Hospital New York City, tentang kelebihan yoga bagi pasien asma Robert Graham, MD, seperti dilansir laman Health.com.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan yoga selama 1,5 jam dalam seminggu selama 10 minggu bisa mengurangi pemakaian obat asma. Manfaat yang sama juga bisa didapat dengan mempraktikkan olahraga beladiri pernapasan asal China, Tai Chi.

2. Sepeda santai

Mengayuh sepeda untuk balapan mungkin bisa membuat asma anda kambuh, tetapi tidak jika dilakukan dengan santai. Asma anda kambuh saat bersepeda biasanya dipicu oleh napas yang ngos-ngosan sehingga saluran napas mengalami kekeringan.

3. Tenis

Olahraga yang menggunakan raket memungkinkan pasien asma untuk berolahraga dengan jeda istirahat yang teratur, serta akses yang mudah untuk mengambil minuman. Kekambuhan asma terjadi bila saluran napas mengalami kekeringan karena terjadi penguapan saat ngos-ngosan.

TIDAK ada larangan bagi pasien asma untuk berolahraga, malah justru dianjurkan. Namun pemilihan jenis olahraga sebaiknya dipertimbangkan baik-baik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News