5 Pintu Bendungan PLTA Koto Panjang Dibuka Lebar, Warga Diminta Waspada Banjir

5 Pintu Bendungan PLTA Koto Panjang Dibuka Lebar, Warga Diminta Waspada Banjir
Warga berusaha melewati banjir. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Lima pintu bendungan waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang di Kabupaten Kampar, Riau, dibuka lebih tinggi. Masyarakat diminta waspada terhadap banjir.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi BPBD Riau, Rozita mengatakan hari ini ketinggian buka pintu bendungan kembali ditambah.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari pihak manajemen PLTA Koto Panjang, ketinggian buka pintu pelimpah air waduk (spilway gate) saat ini dilakukan penambahan bukaan,” kata Rozita Selasa (19/12).

Rozita menjelaskan bahwa lima pintu pelimpah dibuka menjadi 5x110 centimeter.

“Ini sudah level awas. Karena akan terjadi peningkatan kenaikan air 40 sampai dengan 50 centimeter dari kondisi sekarang,” jelasnya.

Penambahan buka pintu bendungan, karena debit air waduk yang terus mengalami kenaikan sejak musim hujan yang terjadi saat ini.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang ada di daerah sepanjang aliran Sungai Kampar, agar siaga. Selain itu, pemilik tambak ikan di Sungai Kampar, juga harus waspada," ungkap Rozita.

Pihaknya juga meminta BPBD Kampar untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar siaga dan waspada dampak dari kenaikan Sungai Kampar. (mcr36/jpnn)

Lima pintu bendungan waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang di Kabupaten Kampar, Riau, dibuka lebih tinggi. Masyarakat diminta waspada banjir.


Redaktur : Natalia
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News