538 Guru Lulus PG di Brebes akan Diangkat PPPK Tahun Ini, Simak Penjelasan BKN & Kemendikbudristek

538 Guru Lulus PG di Brebes akan Diangkat PPPK Tahun Ini, Simak Penjelasan BKN & Kemendikbudristek
Plt. Dirjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan guru lulus PG di Kabupaten Brebes akhirnya bisa diangkat PPPK tahun ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meng-input kembali formasi PPPK guru 2022.

Tercatat sebanyak 538 formasi yang dimasukkan ke dalam SSCASN. Dengan demikian, para guru lulus passing grade (PG) bisa mendaftar PPPK 2022.

"Kami sudah menerima surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) soal dikembalikannya formasi PPPK guru di Kabupaten Brebes," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen kepada JPNN.com, Kamis (10/11).

Walaupun akhirnya memasukkan kembali formasi yang sudah ditarik Pemkab Brebes pada 2 November, BKN mengungkapkan dampak yang terjadi dari kebijakan tersebut.

Menurut Deputi Suharmen, kebijakan tersebut cukup berbahaya, karena awalnya tidak buka seleksi. Kemudian mendadak buka seleksi.

"Guru honorer yang sudah terlanjur mendaftar ke instansi lain akan marah," ujarnya.

Dia mencontohkan, guru honorer di SDN 1 Brebes, karena tidak buka formasi di daerahnya, maka yang bersangkutan mendaftar di SD Negeri 2 Tegal.

Setelah selesai mendaftar (final), eh ternyata SDN 1 Brebes buka. Guru tersebut bisa mengamuk.

Sebanyak 538 guru lulus PG di Kabupaten Brebes akhirnya akan diangkat PPPK tahun ini. Simak penjelasan BKN dan Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News