582 Pasien HIV/Aids Dirawat di RS Soegiri

582 Pasien HIV/Aids Dirawat di RS Soegiri
HIV AIDS. Foto: Health

jpnn.com, LAMONGAN - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lamongan, Jatim mengalami peningkatan. Tahun ini, Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soegiri tengah menangani 582 pasien positif AIDS.

Sebagian besar, pasien hanya menjalani perawatan jalan dan menolak untuk melakukan rawat inap.

Pasalnya, banyak pasien menganggap, jika penyakit ini merupakan penyakit memalukan. Sehingga, sebisa mungkin mereka menyembunyikan dari sanak saudara.

RSUD dr Soegiri setiap harinya menangani lebih dari 10 orang pasien HIV/AIDS, mulai dari cek kesehatan, hingga mengambil obat yang disediakan gratis bagi mereka.

Namun, ada sejumlah pasien saat ini tengah hamil dan bisa dipastikan jika anak yang dikandungnya secara otomatis tertular penyakit berbahaya ini.

Dr Eko Budi Santoso, Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang RSUD Dokter Soegiri menjelaskan, jika penyakit HIV/AIDS bisa disembuhkan, asalkan mengikuti petunjuk pengobatan dengan meminum obat sepanjang hidupnya.

"Adanya peningkatan pasien HIV/AIDS, hendaknya menjadi perhatian serius untuk pemerintah daerah," kata Dr Eko Budi Santoso. (pul/jpnn)

Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lamongan, Jatim mengalami peningkatan. Tahun ini, Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soegiri tengah menangani 582 pasien


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News