Rabu, 26 Juni 2019 – 08:52 WIB

6 Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan Saat Sedang Haid

Selasa, 30 April 2019 – 23:41 WIB
6 Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan Saat Sedang Haid - JPNN.COM

jpnn.com - Vagina merupakan organ intim wanita yang mudah mengalami iritasi dan infeksi jika kebersihannya tak dijaga dengan cara yang tepat. Apalagi saat haid, vagina lebih rentan mengalami berbagai keluhan. Salah satunya, vagina yang bisa terasa lebih gatal dan tidak nyaman. 

Agar kesehatan vagina tetap terjaga saat haid, berikut ini adalah enam cara sederhana yang tak boleh dilewatkan:

1. Jangan menggunakan sabun pembersih kewanitaan

Sebagian wanita merasa vaginanya kotor saat haid dan ingin membersihkan vaginanya semaksimal mungkin dengan menggunakan sabun pembersih khusus organ intim. Hal ini tidak tepat untuk dilakukan.

Pada dasarnya, vagina memiliki mekanisme pembersihan secara alamiah melalui adanya bakteri baik serta tingkat keasaman vagina yang netral. Menggunakan sabun pembersih kewanitaan justru akan mengganggu bakteri ”baik” dan dan membuat tingkat keasaman vagina tidak normal. Hal tersebut menyebabkan vagina lebih rentan mengalami infeksi dan keputihan yang tidak normal.

Begitu juga dengan douching (tindakan membersihkan vagina menggunakan douche yang berisi cairan antiseptik), sebaiknya tidak dilakukan.

2. Bersihkan vagina dan bibir vagina saat mandi

Pada prinsipnya, vagina tak membutuhkan perlakuan istimewa. Bersihkanlah vagina layaknya bagian tubuh lainnya saat sedang mandi. Gunakan air suam-suam kuku saat mandi, guyur daerah vagina secara perlahan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar