6 Kelompok Penerima Vaksin COVID-19, Anda Masuk yang Mana?

6 Kelompok Penerima Vaksin COVID-19, Anda Masuk yang Mana?
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Airlangga Hartarto dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Media Center Satgas Covid-19 pada Senin (12/10). Foto: screenshot.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Airlangga Hartarto memastikan seluruh vaksin COVID-19 yang didatangkan oleh pemerintah dijamin halal.

Sejauh ini, pemerintah sudah melakukan uji klinis tahap ketiga vaksin Sinovac di Bandung dan bekerja sama dengan provider vaksin di sejumlah negara.

"Terkait dengan halal sudah dibahas dengan MUI. Insyaallah karena untuk pandemi Covid, Insyaallah semuanya halal. Halalan thayyiban," kata Airlangga dalam diskusi virtual bertema Update Vaksin, Protokol Kesehatan, Antisipasi Banjir di Musim Hujan yang diselenggarakan Media Center Satgas Covid-19 pada Senin (12/10).

Sejauh ini, Airlangga mengatakan pemerintah sudah mengajukan pengadaan untuk 271,3 juta vaksin dari berbagai pihak di bawah kontrol Kementerian Kesehatan dan PT Bio Farma.

Nantinya, apabila vaksin COVID-19 tersebut sudah siap, maka akan didistribusikan ke sejumlah pihak.

Airlangga Hartarto juga mengharapkan 30 juta vaksin Covid-19 sudah ada di Indonesia pada akhir 2020 ini.

Menteri Koordinator Perekonomian ini juga menjelaskan kelompok-kelompok masyarakat penerima vaksin COVID-19.

Pertama ialah garda terdepan seperti paramedis, TNI, Polri, aparat hukum dan pelayanan publik. Airlangga memperhitungkan jumlah garda terdepan ini mencapai 3,5 juta orang.

Airlangga Hartarto menjelaskan pengelompokan masyarakat yang akan mendapatkan vaksin COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News