6 Langkah Ini Bisa Membawa Capres Poros Ketiga Menang

6 Langkah Ini Bisa Membawa Capres Poros Ketiga Menang
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Foto: Juneka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan, masih ada peluang bagi terbentuknya poros ketiga pada Pilpres 2019 mendatang.

Peluang terbuka karena hingga saat ini ada tiga partai politik yang belum menyatakan sikap apakah akan bergabung dengan koalisi pendukung Joko Widodo atau Prabowo Subianto.

Ketiga parpol tersebut masing-masing Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Saya kira poros ketiga ini malah berpeluang menang besar, apalagi jika mampu menangkap poros yang dimiliki Pak Jusuf Kalla. Dia kan petahana juga," ujar Hendri kepada JPNN, Selasa (20/3).

Pengajar di Universitas Paramadina ini kemudian merinci enam hal yang penting diperhatikan jika poros ketiga terbentuk dan ingin memenangi Pilpres 2019.(gir/jpnn)

Berikut enam langkah yang harus dipenuhi poros ketiga jika ingin menang di Pilpres 2019:

1. Mampu mengajak Jusuf Kalla bergabung ke dalam poros ketiga. JK merupakan politikus ulung, dengan kemampuan politik mumpuni. Terbukti di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

2. Parpol yang berkoalisi di poros ketiga tidak boleh egois. Jangan memaksakan keinginan harus calon yang diusulkan oleh masing-masing pihak duduk sebagai pasagan calon presiden dan calon wakil presiden.

Peluang terbentuknya poros ketiga di PIlpres 2019 terbuka lebar, mengingat masih ada tiga parpol yang belum menyatakan sikap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News