6 Negara Ramaikan Pameran Mainan, Game dan Komik Perdana di Indonesia

6 Negara Ramaikan Pameran Mainan, Game dan Komik Perdana di Indonesia
Sejumlah seniman dan custom player pose bareng dalam jumpa pers di GLITCH Imaginarium, Fairgrounds, SCBD, Kamis (20/11). Foto: Donnie Pratama Putra/JPNN.com

jpnn.com - AKHIR pekan ini, JIExpo Kemayoran bakal dihebohkan dengan pameran mainan, permainan dan komik. Ya, untuk pertama kalinya di Tanah Air, hadir Indonesia Toy, Game & Comic Convention (ITGCC) yang akan digeber pada 22-23 November ini.

Sebelumnya acara serupa yang bertajuk Singapore Toy, Game & Comic Convention Centre (STGCC) digelar di Singapura dan menjadi acuan digelarnya ITGCC.

ITGCC merupakan perpaduan budaya populer timur dan barat seperti mainan, game dan comic yang disatukan dalam sebuah pameran. ITGCC menampilkan custom player (cosplay) seperti superhero dan sesuai karakter yang ada pada game, comic dan mainan. ITGCC menawarkan kesempatan unik bagi pecinta komik, mainan, games, anime, manga dan barang koleksi serta kesempatan untuk bertemu dengan icon cosplay.
 
Pameran ini diikuti 92 peserta dari 6 negara diantaranya; Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat. Nama-nama besar seperti Hot Toys, 2Spot Communications, LEGO, XM Studios, re:ON Comics dan Boomzap Entertainment turut meramaikan daftar peserta ITGCC.

ITGCC juga dihadiri 68 seniman dari 5 negara. Selain itu, ada 21 produk baru dan eksklusif seperti mainan, game, komik dan barang – barang koleksi lainnya.

ITGCC turut dimeriahkan oleh Vampy Bit Me seorang Cosplayer asal Amerika Serikat yang tergabung dalam kelompok pembuat kostum/prop bernama Team Mantium Designs. Wanita ini sudah menyukai aneka costum player dari berbagai karakter sejak kecil. Wanita yang memakai kostum salah satu karakter film X-Men ini juga mengatakan karakter dalam film dan Marvell Comics yang membuatnya menjadi gemar membuat kostum sendiri.  

Vampy sudah menyiapkan beberapa kostum ciptaan nya sendiri pada ITGCC pekan depan.  "Ibu saya pandai menjahit sehingga ia yang mengajarkan bagaimana cara membuat kostum yang baik dan sesuai dengan karakter yang diinginkan. Saya lebih senang menciptakan costum sendiri karena sangat nyaman digunakan," tuturnya saat jumpa pers di GLITCH Imaginarium, Fairgrounds, SCBD, Kamis (20/11).

Tidak hanya sekedar pameran, ITGCC juga menyediakan lomba dan hadiah menarik.  Lego mengadakan kompetisi merakit model LEGO dengan kategori individu serta kategori  orang tua dan anak dengan berbagai hadiah yang disponsori Lego. Hot Wheels juga akan mengadakan kompetisi balap pada tanggal 23 November jam 1 siang. Para penggemar dapat berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan melakukan pembelian minimal Rp. 50.000 tanggal 22-23 November di booth Hot Wheels untuk memenangkan produk menarik senilai Rp. 1.800.000.
 
Pada pameran tersebut XM Studios, pematung dari Singapura, akan melakukan undian untuk pembuatan sebuah patung premium Magneto. 2Spot akan menampilkan produk baru mereka melalui kolaborasi dengan Avex, menampilkan Bloody Bunny  dan Ayupan, karakter Avex berdasarkan atas penyanyi pop Jepang Ayumi Hamasaki.
 
"ITGCC membawa acara budaya populer di Indonesia ke tahapan baru, yang dapat kita lihat dari jumlah peserta pameran dari berbagai negara, yang ikut dalam acara ini. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi seniman Indonesia untuk mempromosikan hasil karya mereka secara internasional. Kami sangat senang memiliki kesempatan memperkenalkan acara ini dan kami berharap ITGCC dapat menyajikan pengalaman terbaik untuk penggemar budaya populer di Indonesia," ujar Senior Manager, Project and Content, Pop Culture Cluster Reed Exhibitions, Rita Magnus. (mg2/jpnn)


AKHIR pekan ini, JIExpo Kemayoran bakal dihebohkan dengan pameran mainan, permainan dan komik. Ya, untuk pertama kalinya di Tanah Air, hadir Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News