6 Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi

6 Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi
Diet. Foto: Harvard Health

jpnn.com - Pada dasarnya, diet untuk kolesterol tinggi adalah pengaturan makanan agar tak tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Jadi, Anda boleh mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, hanya saja harus memilih kolesterol yang baik dan membatasi jumlahnya.

Menurut American Heart Association (AHA), lemak jenuh dalam menu harian tidak boleh lebih dari lima hingga enam persen dari total kalori per hari.

Bagaimana pengaturannya? Berikut cara diet kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan:

1. Batasi Konsumsi Daging Merah dan Produk Susu

Daging merah dan produk susu mengandung lemak jenuh, sehingga memang sebaiknya Anda mengurangi konsumsi bahan makanan tersebut.

Hanya saja, bila Anda ingin mengonsumsinya, Anda boleh memilih daging tanpa lemak dan susu skim yang rendah lemak. Selain itu, dalam mengolah daging, pilih cara selain digoreng, misalnya dipanggang.

2. Hindari Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng tinggi kandungan lemak trans yang akan meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Karena itu, batasi atau hindari makanan yang digoreng dalam jumlah banyak.

Makanan yang mengandung mentega atau margarin juga sebaiknya dibatasi, seperti biskuit dan kue, karena tinggi akan lemak trans.

3. Konsumsi Ikan

Salah satu sumber lemak yang baik adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang justru memiliki fungsi protektif alias melindungi pembuluh darah. Beberapa jenis ikan yang tinggi akan omega-3 adalah salmon, makarel, dan haring.

Berikut ini cara menjalani diet bagi penderita kolesterol tinggi yang bisa Anda lakukan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News