65 Alat Derek Tinggi Dihentikan Penggunaan Sementara di Melbourne

65 Alat Derek Tinggi Dihentikan Penggunaan Sementara di Melbourne
65 Alat Derek Tinggi Dihentikan Penggunaan Sementara di Melbourne

Berbagai proyek pembangunan di seluruh negara bagian Victoria (Australia) telah diperintahkan untuk sementara tidak menggunakan alat derek tinggi (crane) dan harus melakukan pengecekan keamanan alat-alat tersebut menyusul tewasnya seorang pekerja yang kejatuhan semen dari alat derek tersebut.

Lembaga yang mengawasi keselamatan pekerja di Australia Worksafe sedang menyelidiki tewasnya seorang pria berusia 40 tahun yang kejatuhan container semen basah dari sebuah alat derek di Box Hill Melbourne minggu lalul.

Seorang pria lainnya berusia 20 tahunan mengalami luka yang serius, sementara pria ketiga juga mengalami cedera dalam kejadian hari Kamis minggu lalu tersebut.

Penyelidikan awal oleh Worksafe menemukan bahwa tidak berfungsinya komponen kunci di alat derek tersebut yang disebut wedge socket besar kemungkinan menjadi penyebab kematian pekerja tersebut.

65 Alat Derek Tinggi Dihentikan Penggunaan Sementara di Melbourne Video: Workers injured on Melbourne construction site (ABC News)

Alat derek tersebut dibuat oleh perusahaan bernama Raimondi dan di Victoria dan Queensland, Clarks Cranes adalah perusahaan yang secara ekslusif menggunakan alat derek Raimondi.

Clarks Cranes sekarang sudah mengeluarkan edaran agar seluruh 65 alat derek yang digunakan di Victoria tidak digunakan untuk sementara sampai pemeriksaan keamanan dilakukan.

WorkSafe mengatakan bahwa pakar independen akan memonitor audit yang dilakukan Clark Cranes guna memastikan pemeriksaan dilakukan dengan benar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News