Rabu, 12 Desember 2018 – 18:43 WIB

7 Gejala Otak Anda Menua Lebih Cepat

Kamis, 06 Desember 2018 – 04:17 WIB
7 Gejala Otak Anda Menua Lebih Cepat - JPNN.COM

jpnn.com - Otak merupakan salah satu organ tubuh yang vital. Terganggu sedikit saja, beragam aktivitas sehari-hari niscaya akan terhambat. Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan otak tak akan sama seperti dulu lagi. Beragam masalah akan muncul, salah satunya penuaan dini otak.

Seiring bertambahnya usia, otak mengalami penurunan fungsi daya ingatnya. Misalnya ketika lansia di atas 60 tahun lupa di mana meletakkan barangnya. Namun, menjadi tidak wajar ketika Anda yang masih berusia 30 atau 40 tahunan sering lupa. 

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, jika Anda baru berusia 30 tahun dan fungsi otak Anda sudah menurun, itu tandanya Anda mengalami penuaan dini. Dan bisa saja, ini tanda Anda mengalami berbagai penyakit yang menyerang otak.

Penurunan fungsi otak salah satunya ditandai dengan mudah lupa. Namun, masih ada gejala lain yang menunjukkan fungsi otak Anda sedang menurun. Berikut tandanya.

1. Kehilangan ingatan jangka pendek

Kehilangan ingatan jangka pendek adalah salah satu tanda otak Anda menua lebih cepat. Lebih dari itu, kehilangan ingatan jangka pendek berarti ada ancaman Alzheimer. 

“Area otak pada penderita Alzheimer yang paling sering diserang adalah ingatan jangka pendek,” ujar Michael R. Wasserman, MD, anggota dewan Yayasan Kesehatan di American Geriatrics.

Jadi, gejala awal utama penyakit ini adalah kehilangan ingatan jangka pendek. Hal ini dapat mencakup semuanya, mulai dari melupakan peristiwa hingga ketidakmampuan mengingat instruksi. Mengulangi pertanyaan atau melupakan percakapan terakhir juga merupakan salah satu indikator.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar