7 Kapal Perang dan 2 Helikopter Bakal Bersiaga Penuh di Bali

7 Kapal Perang dan 2 Helikopter Bakal Bersiaga Penuh di Bali
Ilustrasi - Tangkapan layar sejumlah kapal perang yang bernaung di bawah Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut sandar di Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta, Minggu (7/4/2024) sebagaimana diunggah Instagram Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut @tni_angkatan_laut, Senin (8/4/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

jpnn.com - DENPASAR - Sebanyak tujuh kapal perang dan dua helikopter Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut bakal bersiaga penuh di Bali.

Ke-7 kapal perang dan 2 helikopter bakal bersiaga penuh sejak lima hari sebelum digelar-nya World Water Forum (WWF) Ke-10 yang akan dilaksanakan 18–25 Mei 2024.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta, kapal-kapal perang itu beserta alutsista lain dari TNI AL bakal siaga sejak 13 Mei 2024.

Tujuh kapal perang yang akan bersiaga terdiri atas dua fregat, satu korvet, satu kapal bantu rumah sakit (BRS) dan tiga kapal patroli cepat untuk ikut menyukseskan World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali.

Kapal-kapal itu, yang seluruhnya bermarkas di wilayah kerja Komando Armada (Koarmada) II TNI AL, mencakup KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI Ahmad Yani-351, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Layang-635, KRI Tongkol-813, KRI Marlin-877, dan KRI dr. Soeharso-990.

"Kemudian ada juga dua helikopter, searider dan LCVP (landing craft vehicle personnel/sekoci pendarat amfibi)," ucap Kadispenal.

Selain itu TNI AL juga menyiapkan total 1.060 prajurit untuk mengawal seluruh rangkaian acara World Water Forum di Bali.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat dihubungi pada kesempatan terpisah mengatakan ada 12 ribu lebih prajurit TNI yang disiagakan.

Sebanyak tujuh kapal perang dan dua helikopter TNI Angkatan Laut bakal bersiaga penuh di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News