TNI AL Membantu Evakuasi Penumpang Kapal Karam di Kepulauan Meranti

TNI AL Membantu Evakuasi Penumpang Kapal Karam di Kepulauan Meranti
Prajurit TNI AL dalam hal ini Pos TNI AL (Posal) Selat Panjang membantu evakuasi Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal KLM Berlian 010 yang tenggelam di Perairan Tanjung Kadabu Kepulauan Meranti, Dumai pada Sabtu (4/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, DUMAI - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pos TNI AL (Posal) Selat Panjang di bawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai bersinergi bersama Basarnas Pos SAR Kepulauan Meranti dan Satpolairud Polres Kepulauan Meranti membantu evakuasi Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal KLM Berlian 010 yang tenggelam di Perairan Tanjung Kadabu Kepulauan Meranti, Dumai pada Sabtu (4/5).

Kejadian tersebut bermula pada pukul 17.00 WIB sebuah kapal KLM Berlian 01 berangkat dari Pasir Gudang Johor Malaysia menuju Selat panjang Indonesia melalui Selat Malaka.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB kapal mengalami kebocoran pada lambung kanan akibat muatan kapal dan bakap kapal serta dihadapkan dengan cuaca buruk di perairan Selat Malaka.

Para ABK kapal telah berusaha mengatasi kebocoran dengan menguras air menggunakan pompa Alkon.

Mereka berupaya membawa kapal ke tepi pantai Pulau Rangsang Pesisir. Namun, mesin kapal mati karena debit air yang masuk terlalu banyak sehingga KLM Berlian 01 mulai tenggelam.

Beberapa awak kapal berhasil diselamatkan oleh speed SAR dari Basarnas Kepulauan Meranti.

Selanjutnya Tim SAR Gabungan yang sudah tiba di lokasi segera membantu menyelamatkan ABK yang masih berenang di laut.

Mereka berhasil dievakuasi menuju Ke Pos TNI AL Selat Panjang Kepulauan Meranti dengan selamat.

TNI AL dalam hal ini Posal Selat Panjang membantu evakuasi ABK dari Kapal KLM Berlian 010 yang tenggelam di Perairan Tanjung Kadabu, Dumai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News