7 Langkah Polri Mencegah Kemacetan Arus Balik Lebaran 2022

7 Langkah Polri Mencegah Kemacetan Arus Balik Lebaran 2022
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Polri berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta stakeholder guna menyiapkan langkah pencegahan kemacetan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2022.

Tercatat, Polri akan menerapan tujuh langkah dalam rangka mengupayakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat saat melakukan perjalanan kembali dari kampung halaman ke kota domisili.

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah (one way) mulai KM 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5).

Perwira tinggi Polri itu mengatakan bila volume kendaraan pada arus balik sangat padat menuju Jakarta, pihaknya bakal menerapkan oneway dimulai GT Kalikangkung KM 414 sampai Tol Cikampek KM 47 dan diteruskan contraflow sampai KM. 28,5.

Pemberlakuan dua skema itu bakal diterapkan pada Jumat 6 Mei 2022, pukul 14.00 sampai 24.00 WIB.

Rekayasa lalu Lintas ini juga berlaku dan hanya bersifat situasional pada puncak arus balik yang diprediksi pada 7 Mei 2022.

“Kedua, Polri-Kemenhub serta stakeholders terkait terus-menerus menyosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan oneway," kata Dedi.

 

Polri berkolaborasi dengan Kemenhubserta stakeholder guna menyiapkan langkah pencegahan terjadinya kemacetan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News