8 Cara Mengatasi Noda Kopi pada Gigi Anda

8 Cara Mengatasi Noda Kopi pada Gigi Anda
Minum kopi. Foto: Gstockstudio/123rf

jpnn.com - Kopi memang salah satu minuman yang paling digemari banyak kalangan. Sayangnya, aktivitas minum kopi juga sudah diketahui sejak lama bisa meninggalkan noda di gigi Anda. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi noda kopi yang tertinggal pada gigi.

Kopi memang sangat tidak bersahabat bagi gigi. Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, kandungan asam tanat pada kopi yang menyebabkan noda pada gigi.

"Kandungan tanin (asam tanat) pada kopi dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi menjadi kecoklatan, sehingga gigi tampak menguning. Tak hanya itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi, sehingga gigi akan semakin mudah untuk disusupi zat warna," ungkap dr. Callista.

Menyelamatkan gigi dari noda kopi

Meski bisa menodai gigi indah Anda, tapi Anda juga tak rela untuk berhenti mengonsumsi kopi sepenuhnya. Maka dari itu, perhatikan beberapa cara menyelamatkan gigi dari noda kopi di bawah ini:

1. Menyikat gigi
Penyebab utama noda gigi adalah akumulasi plak. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih dan menemui dokter gigi untuk pembersihan rutin adalah cara terbaik untuk mencegah noda kopi yang membekas.

2. Bersihkan dengan benang
Jujur saja, ini cara yang sebenarnya sudah ditinggalkan. Selain itu, sulit untuk membersihkan gigi dengan benang secara teratur seperti yang disarankan para dokter gigi. Akan tetapi, menyisihkan beberapa menit untuk membersihkan gigi dengan benang setiap hari dapat membuat dampak besar pada kesehatan mulut Anda.

Cara ini menghilangkan plak secara umum, sebab menyikat saja tak bisa menghilangkan semua bakteri di mulut Anda. Apa pun yang tersisa dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi.

3. Gunakan sedotan
Saat Anda minum melalui sedotan, maka akan semakin sedikit cairan kopi yang menyentuh gigi Anda. Dengan demikian, kesempatan kopi untuk menodai gigi Anda juga jadi semakin sedikit.

Anda tentu ingin tetap memiliki senyum menawan tanpa menghentikan kebiasaan minum kopi, bukan? Jika iya, silakan coba cara-cara di atas untuk mengatasi noda kopi pada gigi Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News