8 Cara Selamatkan Diri dari Gempa Susulan

8 Cara Selamatkan Diri dari Gempa Susulan
Salah seorang warga korban gempa Lombok dirawat di halaman Puskesmas Senaru, Minggu (29/7). Foto: Pujo/Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com - Indonesia dikejutkan dengan peristiwa gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat Minggu (29/18) lalu. Meski demikian, warga yang tinggal provinsi tersebut diminta untuk terus waspada karena gempa susulan masih datang silih berganti.

Gempa susulan tersebut memang memiliki intensitas dan getaran yang lebih kecil. Namun, Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati, meminta masyarakat Lombok untuk tetap berhati-hati akan kemungkinan tak terduga yang bisa saja terjadi setelahnya.

Berikut tips selamatkan diri dari gempa susulan:

1. Cek akun resmi BMKG.

Untuk mengetahui status perkembangan gempa di Nusa Tenggara Barat, Anda sebaiknya memantau akun resmi BMKG secara berkala di twitter: @infobmkg. Dengan begitu, Anda bisa langsung bertindak cepat saat pihak BMKG menerbitkan berita tentang adanya gempa susulan di tempat tinggal Anda.

2. Perhatikan letak pintu dan tangga darurat.

Saat Anda hendak bepergian ke mall atau gedung, perhatikan letak pintu keluar dan tangga darurat. Tindakan ini bertujuan agar Anda bisa segera meninggalkan gedung saat gempa susulan terjadi.

3. Hindari benda tinggi.

Bencana alam memang tidak bisa dicegah, namun bukan berarti Anda hanya pasrah dan tidak melakukan tindakan untuk meminimalkan dampak yang mungkin terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News