8 Sikap Kemenpora Terkait Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

8 Sikap Kemenpora Terkait Penundaan Olimpiade Tokyo 2020
Menpora Zainudin Amali. Foto: Satria/dokkemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Olimpiade 2020 di Tokyo yang semula dijadwalkan 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang resmi ditunda karena pandemi virus corona.

Ini merupakan pertama kalinya pesta olahraga tersebut ditunda sepanjang sejarah.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun menghormati keputusan IOC dan penyelenggara olimpiade. Berikut keterangan Kemenpora terkait penundaan Olimpiade Tokyo 2020 (*/jpnn)

8 Sikap Kemenpora Terkait Penundaan Olimpiade Tokyo 2020

1. Kemenpora menghormati sepenuhnya Pernyataan Bersama IOC dan the Tokyo 2020 Organising Committee. Seperti diketahui, Presiden IOC Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo tadi pagi telah mengadakan video conference ttg kepastian Olimpiade Tokyo di tengah merebaknya wabah Covid 19. Dlm pertemuan virtual antara kedua pimpinan tersebut yang penuh keakraban, keduanya menunjukkan sikap keprihatinan atas merebaknya virus tersebut dan banyaknya korban yang jatuh.

2. Kemenpora juga mengapresiasi sikap kenegarawanan Pimpinan IOC dan Pemerimtah Jepang yang lebih mengutamakan keselamatan seluruh atlet dan semua pihak yang akan terlibat dalam Olimpiade tersebut, sehingga event Olimpiade diusahakan dapat terlaksana paling lambat musim panas tahun depan.

3. Selain itu, Kemenpora mendukung sepenuhnya kesepakatan tersebut yang memastikan bahwa Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung paling lambat tahun depan akan digabung dengan Paralimpik, sehingga akan bernama Olympic and Paralympic Games Tokyo 2020.

4. Khusus kepada NOC Indonesia, NPC Indonesia dan seluruh Pimpinan Cabor serta para atlet yang sudah cukup lama melakukan persiapan, Kemenpora sepenuhnya percaya bahwa mereka ini tentu sangat memahami, karena penundaan ini tidak hanya berdampak pada Indonesia, tetapi juga seluruh negara di dunia, dan apalagi kerepotannya Pemerintah Jepang.

Kemenpora pun menghormati keputusan IOC dan pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News