90 Persen Pemda Sudah Memanfaatkan Rapor Pendidikan, Para Kadis & Kepsek Bersuara 

90 Persen Pemda Sudah Memanfaatkan Rapor Pendidikan, Para Kadis & Kepsek Bersuara 
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PDM) Kemendikbudristek Iwan Syahril (kiri) saat berdialog dengan para penerima manfaat Rapor Pendidikan di Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Rapor Pendidikan untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) resmi diluncurkan.

Rapor Pendidikan menyajikan pembaruan data setiap tahunnya yang dapat digunakan sebagai referensi untuk menentukan prioritas pendidikan berkelanjutan. 

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PDM) Kemendikbudristek Iwan Syahril menyampaikan data ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak.

Mulai dari pemerintah daerah, satuan pendidikan, mitra pembangunan, hingga orang tua peserta didik.

“Pemanfaatan data Rapor Pendidikan, baik di satuan pendidikan maupun pemerintah daerah, pada prinsipnya adalah sebagai dasar pembenahan dan perencanaan layanan pendidikan yang lebih tepat guna, yaitu untuk pembelajaran kepada anak-anak,” terang Dirjen Iwan Syahril saat berdialog dengan para penerima manfaat Rapor Pendidikan di Jakarta, Selasa (5/3).

Berdasarkan data, seluruh pemerintah daerah sudah mengakses Rapor Pendidikan, dan 90 persen di antaranya telah memanfaatkan informasi tersebut untuk perencanaan dan penganggaran berbasis data.

Begitu pun untuk satuan pendidikan, lebih dari 350 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia sudah mengakses Rapor Pendidikan, dan hampir 90 persen sudah memanfaatkan untuk pembenahan berbagai indikator pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Pekalongan Kholid, membagikan pemanfaatan Rapor Pendidikan yang dilakukannya di daerahnya. 

90 persen pemda sudah memanfaatkan Rapor Pendidikan, para Kadis & Kepsek bersuara 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News