AC Manullang: Ini Pertarungan Faksi GAM

AC Manullang: Ini Pertarungan Faksi GAM
AC Manullang: Ini Pertarungan Faksi GAM
JAKARTA - Pengamat intelijen DR AC Manullang menilai, kasus penembakan beruntut yang terjadi di Aceh dilatarbelakangani sejumlah persoalan. Menurut mantan Direktur Badan Koordinasi Intelijen Negara (Bakin) itu, ada sejumlah kemungkinan terkait siapa aktor yang bermain di belakang masalah ini.

Pertama, dilihat masih kentaranya faksi yang terdapat di tubuh Gerakan Aceh Merdeka (GAM), besar kemungkinan terjadinya gejolak di Bumi Serambi Mekah ini merupakan bentuk pertarungan antara faksi GAM yang tetap kukuh menghendaki Aceh Merdeka, dengan faksi yang sudah menerima model otonomi khusus.

"Jadi, ini masih ada kaitannya dengan Mou Helsinki. Pertarungan antara GAM lama yang maunya merdeka, dengan GAM baru yang menerima otonomi khusus. Irwandi Yusuf itu GAM baru yang menerima otonomi khusus Aceh," ujar AC Manullang saat dihubungi JPNNi, kemarin (8/1).

Kemungkinan kedua, berdasarkan pengamatan AC Manullang, intelijen asing yakni Central Intelligence Agency (CIA), ikut mendompleng persoalan yang muncul di Aceh. Menurutnya, AS selalu memainkan isu-isu yang berbau Islam untuk menguji panas dinginnya politik di Indonesia.

JAKARTA - Pengamat intelijen DR AC Manullang menilai, kasus penembakan beruntut yang terjadi di Aceh dilatarbelakangani sejumlah persoalan. Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News