Ada Indikasi Dana Desa untuk Membantu Kelompok Kriminal Bersenjata

Ada Indikasi Dana Desa untuk Membantu Kelompok Kriminal Bersenjata
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. Foto: Evarianus Supar/Antara

jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui adanya indikasi dana desa yang digunakan untuk membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Indikasi itu kami temukan di lapangan, sehingga ke depan para kepala desa atau kampung tidak lagi membantu dengan menggunakan dana desa,” kata Paulus di Jayapura, Selasa (26/11).

Dia menegaskan, dana desa yang dialokasikan pemerintah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat di desa atau kampung, sehingga tidak tepat bila digunakan membantu KKB.

Bila hal ini tidak diindahkan, Paulus menegaskan akan menindak tegas sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. Namun, dia enggan menyebut kampung yang menggunakan dana desa untuk membantu KKB.

Sementara, ketika ditanya tentang situasi kamtibmas menjelang 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), Paulus menyatakan saat ini situasi relatif kondusif.

"Aparat keamanan masih terus melakukan cipta kondisi di seluruh wilayah kabupaten/kota termasuk melakukan razia atau sweeping," katanya. (antara/jpnn)

Kapolda Papua akan menindak tegas desa yang menggunakan dana desa untuk membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB).


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News