Ada Jaminan Persalinan tapi Melahirkan di Rumah

Ada Jaminan Persalinan tapi Melahirkan di Rumah
Ada Jaminan Persalinan tapi Melahirkan di Rumah
JAKARTA--Barangkali lantaran kurang sosialisasi, banyak warga masyarakat yang tidak tahu tentang program jaminan persalinan (Jampersal) bagi ibu hamil (bumil). Tak hanya masyarakat awam, tenaga kesehatan (dokter, bidan, dan perawat) pun tidak sedikit yang belum tahu.

"Saya dapati di daerah-daerah, tenaga dokter, bidan dan perawatnya belum tahu program Jampersal. Begitu saya tanya kok tidak tahu Jampersal, menurut mereka tidak ada sosialisasi tentang program itu," kata Verna Ingkiriwang, anggota Komisi IX DPR RI di Jakarta, Minggu (27/11).

Akibat ketidaktahuan masyarakat inilah membuat ibu hamil yang tidak punya dana lebih memilih melahirkan di rumah. Sedangkan ibu hamil yang melahirkan normal dengan bantuan bidan tetap dikenakan biaya normal.

"Para tenaga kesehatan di daerah terutama di pelosok-pelosok tetap mengenakan biaya melahirkan pada bumil. Kasihan kan, ada program persalinan gratis tapi mereka tidak bisa menikmatinya," terangnya.

JAKARTA--Barangkali lantaran kurang sosialisasi, banyak warga masyarakat yang tidak tahu tentang program jaminan persalinan (Jampersal) bagi ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News