Ada Keluarga Cendana di Bukit Hambalang

Ada Keluarga Cendana di Bukit Hambalang
Proyek pembangunan pusat pendidikan olahraga nasional yang terletak di Desa Hambalang, Bogor sementara dihentikan, menunggu hasil evaluasi peneliti tentang penyebab ambruknya bangunan. Foto : Arundono W/JPNN
BOGOR - Runtuhnya dua bangunan di Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, dapat menjadi trigger (pemicu) bagi Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) guna melakukan penyelidikan lebih mendalam. Mulai dari pemilihan lokasi, perizinan dan peruntukan lahan, hingga proses pengerjaan yang berpotensi terjadi penggelembungan anggaran.

Namun sebelum menuju ke pemilihan lokasi, perlu diketahui bahwa bukit Hambalang memiliki riwayat kepemilikan yang cukup panjang. Informasi yang dihimpun Radar Bogor (JPNN Group), mulanya penguasa bukit Hambalang adalah adik mantan Presiden Soeharto, Probosutedjo.

Selama 30 tahun, kerabat dekat Cendana itu memiliki hak guna usaha (HGU) perkebunan seluas 750 hektare. Atau nyaris seluas bukit Hambalang itu sendiri. Hingga akhir masa gunanya sekitar tahun 2007-2008, Probosutedjo kemudian meminta perpanjangan HGU kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

   

Dalam ajuannya, kerabat keluarga Cendana ini berniat menanami bukit tersebut dengan pohon cokelat. Namun di tengah jalan, HGU milik Probosutedjo itu kemudian dialihkan ke si bungsu Pak Harto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

   

BOGOR - Runtuhnya dua bangunan di Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, dapat menjadi trigger (pemicu) bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News