Ada Konser Interaktif Voice of Baceprot di Penutupan PKN 2021

Ada Konser Interaktif Voice of Baceprot di Penutupan PKN 2021
Rangkaian penutupan PKN 2021. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 resmi ditutup malam ini. Hari terakhir PKN 2021 diawali dengan tayangan tari di indonesiana.tv pukul 16.00 WIB. 

Acara yang menghadirkan karya tari Poleng Bali oleh Ayu Laksmi ini menurut Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengangkat kearifan lokal dalam memaknai kebutuhan pangan masyarakat dan budaya gotong royong dalam praktik Subak.

Semangat mengangkat kearifan lokal ini digarisbawahi kembali dalam tayangan sesudahnya, Cultural Fashion, yang menghadirkan khazanah batik dan songket.

Tidak berhenti di situ, upaya mengangkat kearifan lokal dalam hidup sehari-hari juga mengemuka dalam program Icip-Icip Pangan yang mengenalkan cara mengolah masakan dengan gerabah dan tanah liat. 

"Aneka kearifan lokal itu yang paling kita terima begitu saja tanpa kita pikirkan seperti rumah yang kita tinggali," ungkap Dirjen Hilmar di Jakarta, Jumat (26/11).

Inilah kata Hilmar yang diangkat dalam program Di Dalam Indonesia dengan tajuk “Kearifan Lokal dalam Rumah Modern.”

Lewat tontonan ini, masyarakat bisa kembali mengapresiasi bagaimana kebudayaan nusantara masih menetap, bahkan dalam pola arsitektur modern yang dijumpai sehari-hari. Demikian pula dengan pakaian yang digunakan setiap hari. 

Inilah yang tergambar dalam tayangan “Selendang Sirat Serat,” sebuah film tari tentang khazanah serat nusantara dengan tampilan visual yang apik.

Kemendikbudristek resmi menutup rangkaian PKN 2021 salah satunya dengan menampilkan konser interaktif Voice of Baceprot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News