Ada Peningkatan Volume Kendaraan Libur Panjang, Korlantas Menyiapkan Contraflow

Ada Peningkatan Volume Kendaraan Libur Panjang, Korlantas Menyiapkan Contraflow
Kegiatan pengecekan jalur oleh Korlantas Polri mengantisipasi lonjakan kendaraan. Foto: dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengecek jalur jelang hari libur panjang 1 Muharram 1442 H atau tahun baru Islam, Rabu (19/8) malam.

Dalam pengecekan ini, Istiono didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Rudi Antariksawan.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi mengatakan, dari peninjauan diketahui jalur lintas keluar Jakarta mengalami peningkatan volume sejak sore hingga malam ini.

Atas adanya peningkatan itu, Korlantas Polri telah menyiapkan rekayasa contraflow sejak kilometer 47 sampai kilometer 61 guna mengurai kepada volume kendaraan di tol Jakarta-Cikampek.

"Mulai tadi pukul 15.00 sudah tampak peningkatan arus lalu lintas yang dari Jakarta menuju ke Bandung dan Jawa Tengah. Jadi disiapkan reyasa lalu lintas mulai dari km 47 sampai KM 61 dilaksanakan contraflow menuju ke arah Bandung dan Jawa Tengah,” kata Rudi kepasa wartawan.

Rudi mengatakan, upaya rekayasa lalu lintas ini untuk memberi rasa aman sekaligus mempercepat arus lalu lintas. Upaya contraflow akan diperpanjang bila kepadatan terus meningkat.

"Sehingga bisa mempercepat arus lalu lintas baik itu pertemuan tol yang elevated maupin tol yang ada di bawah. Kalau itu masih dirasa belum bisa memecah arus dilakukan contraflow dari kilometer 29," jelasnya.

Lebih lanjut, Rudi memaparkan pergerakan kendaraan keluar Jakarta yang terpantau tidak begitu padat juga karena kebijakan Ditjen Perhubungan Darat yang mengatur pembatasan kendaraan barang bersumbu tiga ke atas melintas di jalur tol.

Upaya contraflow akan diperpanjang Korlantas Polri bila kepadatan terus meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News