Ada Program Rumah Khusus Buruh, DP Hanya 1 Persen

Ada Program Rumah Khusus Buruh, DP Hanya 1 Persen
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan rusunami untuk pekerja dan buruh di Urbantown-Loftvilles Serpong, Kota Tangerang Selatan, Kamis (27/4).

Proyek tersebut merupakan upaya pemerintah memberikan hunian terjangkau bagi masyarakat yang berprofesi sebagai buruh. Selain di Tangerang, rusunami khusus buruh itu juga akan dibangun di Depok, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan, rusunami itu dibangung di Tangerang dan Depok karena untuk Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi. Sebab, sudah tidak ada lahan untuk rusunami khusus buruh.

"Ya tadi kan saya sampaikan, masalah lahan yang tidak kita punyai. Kalau dulu kita memiliki bank tanah, land bank, itu memudahkan. Di Jakarta cari di mana lahannya?" kata Jokowi menjawab wartawan di Tangerang.

Jokowi menambahkan, program pembangunan hunian terjangkau bagi pekerja dan buruh mencakup 6.000 unit. Satu unit rusunami bertipe 30 yang terdiri dari dua kamar tidur ditawarkan dengan harga Rp 293 juta.

Untuk pembeliannya dengan uang muka atau down payment (DP) 1 persen. Sedangkan cicilannya Rp 1,2 juta per bulan.

"DP hanya satu persen. Berarti Rp 2,9 juta kira-kira. Saya kira pekerja mampu," tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan rusunami untuk pekerja dan buruh di Urbantown-Loftvilles Serpong, Kota Tangerang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News