Ada Ras Muhamad, Perputaran Uang di Crossborder Meningkat

Ada Ras Muhamad, Perputaran Uang di Crossborder Meningkat
Ras Muhamad. Foto: Instagram

jpnn.com, SKOUW - Penampilan Ras Muhamad di crossborder Skouw, Papua, Kamis (16/11) benar-benar dahsyat. Musikus sekaligus duta reggae Indonesia itu sukses memuaskan 1823 wisman asal Papua Nugini dan 3000 warga sekitar PLBN Skouw.

Imbasnya? Perputaran uang makin kencang mengalir ke border area di Skouw, Papua.

“Happy ending. Masyarakat Jayapura bercampur dengan wisman yang berdatangan dari Papua Nugini benar-benar terhibur dengan Festival Crossborder Skouw. Ini benar-benar menghidupkan ekonomi masyarakat lokal," ungkap Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, didampingi Kabid Promosi Wisata Alam Hendry Noviardi, Sabtu (18/11).

Esthy memang tak asal bicara. Dalam perhelatan yang digelar sejak Kamis pagi hingga pukul 17.00 waktu setempat, suasana perbatasan langsung heboh. Tua-muda berkumpul jadi satu. Semuanya berbaur menikmati lagu dari beberapa musisi yang mayoritas bergenre reggae.

Antusias masyarakat tadi langsung disambut Ras Muhammad dengan penampilan spektakuler. Pengalaman manggung di beberapa negara langsung dikeluarkan di Skouw, Papua. Nama besarnya sebagai duta reggae Indonesia benar-benar sangat terasa. Sebanyak 11 lagu andalannya dibawakan dengan gaya tak biasa. 

Dari mulai Easy Skankin Intro, Peace in Liberia, Live Upright, Farmerman, Satu Rasa, Kenapa Mesti Dipikirkan, No Woman No Cry dan salah satu lagu dari Gombloh, Di Radio, semuanya dibawa dengan gaya Ras Muhammad.

Kejutannya pun ada. Saat ikon musik reggae Indonesia itu menyanyikan lagu Emansipasi, muncul Toke, musisi reggae top dari Belanda. Keduanya akhirnya perform dalam satu panggung. Dua-duanya berkolaborasi membawakan reggae Tanah Perjanjian, Negeri Pelangi dan ditutup dengan lagu berjudul Salam.

"Selain Ras Muhamad, band reggae lokal ternama Dave Solution dan Vanimo Natives dari Papua Nugini juga memberikan hiburan tersendiri. Dan ini sangat efektif. Destinasi di sana juga jadi hidup," tambah Esthy.

Penampilan Ras Muhamad di crossborder Skouw, Papua,benar-benar dahsyat. Musikus sekaligus duta reggae Indonesia itu sukses menghibur ribuan wisman dan warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News