Ada Sirkulasi Siklonik, BMKG Prediksi Terjadi Cuaca Buruk, Waspada, Jangan Keluar Rumah

Ada Sirkulasi Siklonik, BMKG Prediksi Terjadi Cuaca Buruk, Waspada, Jangan Keluar Rumah
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, BOGOR - BMKG Stasiun Meteorologi Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, memprediksi cuaca buruk di sebagian wilayah Jawa Barat pada 6-7 Desember 2020.

"Adanya sirkulasi siklonik di sebelah selatan Pulau Jawa yang bergerak dari arah barat ke timur menyebabkan wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan curah hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Citeko Asep Firman Ilahi, Minggu (6/12).

Ia mencatat sedikitnya ada tujuh wilayah yang berpotensi besar terdampak bencana akibat cuaca buruk, yaitu pertama wilayah Sukabumi di Kadudampit, Caringin, Nagrak, Cicurug, Cidahu, dan Parakan Salak.

Kedua, wilayah Cianjur, yaitu di Cugenang, Pacet, Cianjur, Mande, Karangtengah, Sukaluyu, Ciranjang, Cikalong Kulon, Sukaresmi dan Cipanas. Ketiga, sekitar Waduk Cirata.

Keempat, wilayah Bandung Barat di Cipeundeuy, Cipatat, dan Cikalong Wetan. Kelima wilayah Purwakarta di Maniis. Keenam, wilayah Kabupaten Bogor di Cariu, Tanjung Sari, Sukamakmur, Cisarua, Ciawi, Caringin, Cigombong, Megamendung, Babakan Madang, Sukaraja, Citeureup, Jonggol, Kelapa Nunggal, Dramaga, Ciampea, Ciomas, Taman Sari, Cijeruk, Pamijahan, dan Tenjolaya.

Ketujuh, wilayah Kota Bogor di Bogor Utara, Tanah Sareal, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Selatan dan Bogor Timur.

Asep menyebutkan, cuaca buruk itu akan berdampak kepada pengendara, kerusakan bangunan, kerusakan jembatan, serta gangguan lalu lintas karena genangan dan longsor kecil.

"Dapat menyebabkan kerusakan juga pada tanggul-tanggul sungai dan potensi longsor pada tempat-tempat dengan kemiringan tinggi," kata Asep.

BMKG Stasiun Meteorologi Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, memprediksi cuaca buruk di sebagian wilayah Jawa Barat pada 6-7 Desember 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News