Ada Sponsor Berbau Rokok di Jersey Persib Bandung

Ada Sponsor Berbau Rokok di Jersey Persib Bandung
Jersey Persib Bandung. Foto: Persib.co.id

jpnn.com, JAKARTA - Persib Bandung telah merilis jersey untuk Liga 1 musim 2020. Di jersey tim berjuluk Maung Bandung tersebut jelas terpampang nama sejumlah sponsor.

Salah satu di antaranya sponsor yang identik dengan produk rokok. Di jersey tersebut ada tulisan Pria Punya Selera tepat di bagian pundak kanan dan kiri. Pria Punya Selera adalah tagline milik rokok Gudang Garam. Bahkan, font tulisan itu juga terlihat serupa.

Artinya, tim berjuluk Maung BAndung ini melanggar surat edaran larangan dari PT LIB. Dalam edaran itu tertulis klub dilarang menjalin kerja sama dengan produk yang berkaitan langsung brand rokok, minuman beralkohol, dan situs perjudian.

Landasan peraturan tersebut diambil PT LIB dari PP No. 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif, berupa produk tembakau bagi kesehatan.

Larangan tersebut juga diperkuat dengan pernyatan Ketua Umum PSSI M Iriawan bahwa sangat jelas ada aturan sponsor terkait rokok dan alkohol yang diatur dalam sepak bola.

"Memang, yang saya tahu aturan yang mengatur sponsor dari situs judi belum ada di aturan FIFA. Hanya ada aturan sponsor yang berkaitan dengan rokok dan alkohol," terang priayang karib disapa Iwan Bule tersebut.

FIFA sebagai induk sepak bola dunia juga melarang rokok untuk masuk dalam sepakbola. Itu tertuang dalam Tobacco-Free Policy for FIFA Events.

"FIFA tidak akan mempromosikan konsumsi produk tembakau atau e-rokok melalui iklan, dukungan, sponsor atau penjualan produk sehubungan dengan acara FIFA," bunyi pernyataan tersebut.

Persib Bandung telah merilis jersey untuk Liga 1 musim 2020. Di jersey tim berjuluk Maung Bandung tersebut jelas terpampang nama sejumlah sponsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News