Ada Wacana PPKM Darurat Diperpanjang, Begini Reaksi Pak Ganjar

Ada Wacana PPKM Darurat Diperpanjang, Begini Reaksi Pak Ganjar
Gubernur Ganjar Pranowo di rumah dinasnya di Semarang. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan skenario kontingensi untuk menghadapi kemungkinan apabila keputusan perpanjangan PPKM Darurat dilakukan.

Ganjar mengatakan apapun keputusan pemerintah pusat, Pemprov Jateng akan mengikuti.

Jika PPKM darurat diperpanjang, maka tindakan kontingensinya adalah dengan menyiapkan politik anggaran untuk back-up penanganan.

"Dinas UMKM juga sudah saya minta mendeteksi, teman-teman yang sedang berusaha kondisinya seperti apa. Dampaknya seperti apa, tingkat pertahanannya seperti apa. Nanti program penyelematannya seperti apa," ujar Ganjar di Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Rabu (14/7/2021).

Hal itu disampaikan Ganjar menyusul adanya masukan beberapa pakar kesehatan terkait PPKM Darurat.

Salah satunya adalah epidemolog dari Universitas Griffith University, Dicky Budiman yang meminta pemerintah memperpanjang PPKM Darurat hingga Agustus mendatang.

"Kami mengikuti perkembangan dari masing-masing yang ada. Maka kami sudah menyiapkan skenario kontingensi. Apakah diperpanjang atau tidak, kita siap. Apapun yang terjadi, karena keputusan itu dilihat dari perilaku masyarakat seperti apa," katanya.

Ganjar menegaskan membenahi sistem dan penanganan medis seperti penambahan tempat tidur, oksigen sampai tenaga kesehatan bukanlah solusi untuk menekan penyebaran COVID-19.

Diperpanjang atau tidak, bagi Ganjar Pranowo, PPKM Darurat memiliki manfaat dan risiko tersendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News