Ada yang Berupaya Menunggangi Isu Polusi Udara di Jakarta?  

Ada yang Berupaya Menunggangi Isu Polusi Udara di Jakarta?  
Polusi udara. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menduga ada yang menunggangi isu polusi udara di Jakarta untuk memojokkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), yang berada di barat Pulau Jawa.

Pasalnya, pembangkitan sudah menerapkan standar yang tinggi.

“Terkait PLTU yang disebutkan sebagai penyebab polusi Jakarta di mana sebelumnya belum pernah disebutkan sama sekali dalam kajian BMKG maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), saya pikir ini ada agenda setting yang dibuat,” sebut Agus.

Menurutnya, banyak berita bohong/hoax yang disebarkan seperti hasil gambar satelit yang memerah di Jawa Barat dan Banten.

“Nah itu bukan gambar satelit, melainkan semacam simulasi yang sengaja dibuat-buat untuk membingungkan kita dan enggak jelas siapa yang buat, itu hoax,” katanya. 

Agus menjelaskan, yang paling jelas polusi di Jakarta ini penyebabnya adalah transportasi.

“Bisa dilihat saat pandemi berlangsung, banyak pegawai di Jakarta kerja dari rumah, langit Jakarta relatif bersih," ucapnya.

Terpisah, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Luckmi Purwandari menilai ada pihak yang ingin mengambil keuntungan di tengah isu polusi udara di ibu kota. 

Terkait PLTU yang disebutkan sebagai penyebab polusi Jakarta di mana sebelumnya belum pernah disebutkan sama sekali dalam kajian BMKG maupun KLHK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News