JPNN.com

Ada yang Usul Ignasius Jonan jadi Dirut Garuda

Minggu, 08 Desember 2019 – 20:05 WIB
Ada yang Usul Ignasius Jonan jadi Dirut Garuda - JPNN.com
Ignasius Jonan. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman menilai Menteri BUMN Erick Thohir perlu merombak total jajaran direksi maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Perombakan penting agar perusahaan pelat merah itu menjadi perusahaan yang sehat secara bisnis dan mampu memperbaiki kinerja keuangan perseroan.

"Saya pesimis bisnis dan pelayanan penerbangan Garuda akan menjadi lebih baik jika jajaran direksi Garuda tidak dirombak. Orang-orang lama ini kan tak mampu mengatasi keuangan dan sudah mengenal bisnis Garuda sejak lama," ujar Ferdy di Jakarta, Minggu (8/12).

Ferdy juga menilai, sulit mengharapkan kinerja Garuda bersih, jika direksinya masih memiliki bisnis sampingan, seperti yang terjadi dengan kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal.

"Dirut Garuda ke depan harus orang jujur dan memiliki visi bisnis penerbangan yang baik. Dirut Garuda harus memiliki ketulusan bekerja dan mampu membenahi keuangan Garuda Indonesia. Dirut yang tidak bermain-main dengan bisnis sampingan dan lupa tugas pokok membenahi keuangan dan pelayanan Garuda," ucapnya.

Ferdy secara tegas mendukung jika Ignasius Jonan diplot menggantikan Ari Askhara. Menurutnya, Jonan memiliki pengalaman dan kinerja apik di PT Kereta Api dan menjadikan Kereta Api menjadi moda transportasi terbaik.

Jonan juga pernah menjabat menteri perhubungan dan menteri ESDM. Di kedua kementerian itu, Jonan termasuk salah satu menteri periode pertama Jokowi yang sukses dan memiliki banyak gebrakan. Baik di perhubungan maupun di ESDM.

"Meski kesannya turun kelas, tetapi untuk menyelamatkan keuangan Garuda, saya berharap Jonan bersedia menakhodai Garuda agar menjadi perusahaan penerbangan yang bersih," ucapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo