Ahli Mikrobiologi Ini Membeber Cara Menangkal Varian Delta, Semoga Bermanfaat

Ahli Mikrobiologi Ini Membeber Cara Menangkal Varian Delta, Semoga Bermanfaat
IDI menyebut varian Delta merajai lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis mikrobiologi Rina Adeline menyebut ada cara ampuh bagi masyarakat agar tidak tertulari varian Delta, antara lain perlunya bersikap tenang menyikapi varian Covid-19 dari India itu.

Selain itu, kata dia, varian Delta bisa ditangkal dengan cara menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M, mengikuti vaksinasi, dan berpikir optimistis.

"Kita perlu meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan gizi seimbang, suplemen, dan olahraga. Kemudian yang wajib lagi adalah vaksinasi," kata Rina Adeline saat diskusi virtual yang dilihat jpnn.com di YouTube akun Gelora TV, Jumat (9/7).

Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung itu, varian Delta memang memiliki daya transmisi yang cepat dan lebih ganas dari virus sebelumnya.

"Infeksi semakin besar dan virulensinya tinggi. Artinya, dia mampu menginfeksi lebih berat lagi," ucapnya.

Soal keganasan varian itu, Rina Adeline menyoroti adaptasi virus tersebut ketika menjangkiti orang berkomorbid.

Nantinya, gejala yang diterima orang berkomorbid akan berlangsung lebih lama dibandingkan pasien Covid-19 tidak berpenyakit bawaan.

"Inang yang dengan kondisi komorbid tertentu memengaruhi kemampuan virus beradaptasi yang mengakibatkan lamanya sakit," tutur Rina.

Dokter spesialis mikrobiologi Rina Adeline menyebut ada cara ampuh bagi masyarakat tidak tertulari varian Delta yang ganas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News