Ahmadiyah Nilai Menteri Agama Tak Netral

Ahmadiyah Nilai Menteri Agama Tak Netral
Ahmadiyah Nilai Menteri Agama Tak Netral
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) masih berupaya mencari jalan keluar terkait konflik Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) yang terus mendapatkan penolakan di berbagai daerah. Jumat (18/3) lalu misalnya, JAI diundang untuk berdialog bersama Menag Surya Dharma Ali dan sejumlah pihak terkait lainnya. Sesuai undangan, rencananya pertemuan itu dilangsungkan Selasa (22/3) pagi ini, di Kantor Kemenag.

Hanya saja, pihak JAI mengaku tak bisa memenuhi undangan tersebut, dengan berbagai alasan. Terutama terkait (sikap) Menag Surya Sharma Ali yang dinilai anti Ahmadiyah. "Semua masyarakat tahu, kalau Menteri Agama tidak netral. Dan nantinya dialog tak akan berjalan fair," kata juru bicara JAI, Zafrullah Pontoh, Selasa (22/3).

Menurut Zafrullah pula, JAI pada dasarnya menyambut baik ajakan berdialog ini. Namun, diharapkan pelaksanaannya tak dilaksanakan di kantor Kemenag. "Kami sudah menyurati, Senin kemarin, untuk meminta penjadwalan ulang," ujarnya. "Kalau bisa dilakukan di institusi netral, seperti di kantor Komnas HAM, (atau) kantor Menko Polhukam, asalkan tidak di kantor Kemenag," tambahnya.

Zafrullah pun menambahkan, mekanisme dan materi dialognya juga harus jelas, agar nantinya JAI tak disudutkan. "Kami khawatir komposisi dan dialog sudah diatur sepihak oleh Menag," paparnya.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) masih berupaya mencari jalan keluar terkait konflik Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) yang terus mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News