Ahok: Normalisasi Sungai Cara Paling Ampuh Atasi Banjir

Ahok: Normalisasi Sungai Cara Paling Ampuh Atasi Banjir
Ahok. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut normalisasi sungai merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Pengerjaan normalisasi sungai dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. ‎Normalisasi itu meliputi pekerjaan memperlebar kali, memperdalam kali, memperkuat dindingnya dengan beton, dan menambah jalan inspeksi.

"Yang pasti kalau enggak normalisasi sungai, enggak mungkin. Itukan (banjir) akibat enggak semua dilebarin, ditinggiin," kata pria yang akbrab disapa Ahok ini di Balai Kota, Jakarta, Jumat (17/2).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, warga yang terkena imbas normalisasi sungai dipindahkan ke rumah susun. Namun, ‎menurut dia, pembuatan rumah susun tidak bisa dilakukan secara instan.

"Kami butuh waktu bangun rumah susun. Kami pindahkan orang ke rumah susun aja masih dikritik kok," ucap Ahok.

Selain itu, Ahok menambahkan, pembuatan rumah susun tidak bisa dilakukan asal-asalan. Berbagai hal perlu diperhatikan, misalnya saja kontraktor yang bertugas membangun rumah susun.

"Kalau mau pindahin orang kan Anda butuh rumah susun, bangun juga butuh kontraktor. Kontaktor jelek juga pasti dicoret," ungkap suami Veronica Tan itu. ‎(gil/jpnn)

 


 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut normalisasi sungai merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi banjir di Jakarta.


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News