Ahok Punya Smart City, Anies Usung Educating City

Ahok Punya Smart City, Anies Usung Educating City
Anies Baswedan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Konsep kota pendidikan (education city) merupakan konsep kota dengan pelajar dan sistem pendidikan yang baik. Hampir setiap kota maju di dunia sangat dipengaruhi oleh kualitas manusia yang terdapat di dalamnya.

Namun, konsep ini memiliki penyempurnaan dengan hadirnya konsep educating city (kota yang mendidik). Educating city diharapkan menghadirkan interaksi antar warga dan setiap orang yang datang ke kota tersebut mendapatkan ilmu-pengetahuan baru karena suasanya yang berbasis pendidikan.

Konsep educating city inilah yang akan dihadirkan Anies Baswedan untuk Jakarta, jika ia terpilih untuk memimpin kota megapolitan tersebut. Gambaran educating city dipaparkan Anies saat menanggapi aspirasi warga di kawasan jalan Menteng Tenggulun, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/12).

Yos Iqbal, sebagai salah satu tokoh masyarakat setempat menyatakan bahwa inilah sisi lain dari wilayah Menteng.

"Di sini wilayah padat penduduk dan banyak yang putus sekolah," ujar Yos.

Karena itulah, ia sangat berharap selain program KJP Plus yang diusung Anies, terdapat program perpustakaan agar anak-anak di lingkungannya dapat terdidik dengan membaca.

Menanggapi aspirasi tersebut, Anies kembali menegaskan bahwa ia telah merencanakan akan membuat rumah baca yang dapat digunakan untuk anak-anak belajar sembari bermain.

"Minat baca orang Indonesia rendah. Kalau membaca sms dan pesan sosmed itu rajin, tapi kalau membaca buku itu sulit. Membaca harus menjadi kebiasaan," papar Anies mengawali penjelasannya.

JPNN.com - Konsep kota pendidikan (education city) merupakan konsep kota dengan pelajar dan sistem pendidikan yang baik. Hampir setiap kota maju

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News