Aiptu Endang Bantu Perempuan Melahirkan di Mobil Patroli, Salut!

Aiptu Endang Bantu Perempuan Melahirkan di Mobil Patroli, Salut!
Perempuan melahirkan di mobil patroli polisi. Foto: RMOL

jpnn.com, TASIKMALAYA - Perempuan bernama Ika (31), warga Kampung Regol, Desa Pakemitan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya tiba-tiba menjerit di pinggir jalan raya.

Setelah dicek warga ternyata perempuan tersebut hendak melahirkan.

Seorang anggota Polsek Ciawi Polres Tasikmalaya Kota Aiptu Endang Rahman melihat kejadian tersebut. Warga dan anggota polisi membawa perempuan tersebut ke Puskesmas Ciawi menggunakan mobil patroli.

Menurut Endang, saat kejadian memang banyak warga di lokasi. Namun mereka panik dan tidak berani menolong karena takut. Dirinya memberanikan diri untuk menolong, meski tidak mempunyai keahlian medis khusus.

“Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis, saya berani dan berhasil menolong persalinan perempuan tersebut di dalam mobil. Alhamdulillah bayi berjenis kelamin laki-laki berhasil keluar dengan selamat,” Kata Aiptu Endang, Selasa (31/03) sore.

"Saat itu banyak warga di lokasi. Namun tidak berani mengambil tindakan. Karena sekarang kan sedang musim virus Corona. Sehingga saya memutuskan untuk menolongnya," ucap Endang.

Usai melahirkan di dalam mobil patroli, ibu dan bayi yang dilahirkan berhasil selamat dan dalam kondisi sehat. Polisi pun membawa ibu dan bayinya untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut oleh bidan desa. (rmol)

Perempuan melahirkan di mobil patroli polisi terjadi di sekitar jalan raya Kecamatan Ciawi, Tasikmalaya.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News