Airlangga Apresiasi Kader Partai Golkar dan Masyarakat yang Tak Mudik

Airlangga Apresiasi Kader Partai Golkar dan Masyarakat yang Tak Mudik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengapresiasi seluruh kadernya dan masyarakat Indonesia yang telah mematuhi anjuran pemerintah untuk merayakan Idul Fitri 1442 H di rumah masing-masing dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Bagi yang tidak mudik dan tetap menjaga protokol kesehatan, mereka sesungguhnya adalah para pahlawan untuk diri sendiri, keluarga dan saudara-saudara kita para kerabat di kampung halaman serta untuk bangsa Indonesia, agar menjadi bagian dari orang yang menekan persebaran Covid-19," tutur Airlangga dalam acara Open House dan Halal bi Halal Virtual Partai Golkar, Jumat ( 14/5).

Pria yang menjabat sebagai Menko Perekonomian ini juga berharap meski masyarakat tidak melakukan tradisi-tradisi lebaran, tidak mengurangi makna Idul Fitri.

"Dengan kemajuan teknologi, kita masih bisa bertegur sapa dan menanyakan kabar tentang kondisi saudara-saudara kita di kampung halaman. Dengan begitu, kita masih bisa bersilaturahmi dan melepas kerinduan kepada sanak famili," kata Airlangga.

Berkaca pada liburan lebaran 2020 lalu, di mana terjadi kenaikan kasus cukup besar pada rentang dua pekan setelahnya.

Tahun ini pemerintah melakukan pelarangan mudik dan akan memantau perkembangan data akan setelah adanya arus balik pada dua minggu yang akan datang.

Airlangga menjelaskan pada akhir Juni 2020, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, telah terjadi peningkatan kasus sekitar 70-90% setelah liburan lebaran tahun lalu.

Saat itu, sebelum libur lebaran kasus harian di angka 600. Kemudian mengalami kenaikan di atas 1.000 setiap harinya. Kenaikan kasus ini menunjukkan positivy rate di angka 12%.

Airlangga mengatakan Partai Golkar harus terus mendukung kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) skala mikro yang dapat menekan persebaran Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News