Airlangga Hartarto Sampaikan Pengumuman Penting, Silakan Simak

Airlangga Hartarto Sampaikan Pengumuman Penting, Silakan Simak
Koordinator PPKM luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator PPKM luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk luar Jawa-Bali dari 1 hingga 14 Maret 2022.

Keputusan ini dengan melihat masih terjadi tren kenaikan kasus Covid-19 harian di luar Jawa-Bali.

"Perpanjangan (PPKM) dilakukan antara 1-14 Maret luar Jawa-Bali," kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Prekonomian dalam konferensi pers daring dipantau di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan saat ini terdapat 63 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 1 dan level 2, dan 320 kabupaten/kota berstatus PPKM level 3.

"PPKM level 1 ada di 63 kabupaten/kota, level 2 di 205 menjadi 63 kabupaten/kota, level 3 meningkat jadi 320 kabupaten/kota," ujarnya.

Selanjutnya, beberapa provinsi juga diperkirakan masih akan mengalami kenaikan kasus Covid-19, yakni Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Riau.

Adapun, total kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali berkontribusi 31,7 persen dari kasus nasional atau sebesar 183.484 kasus, dengan angka reproduksi efektif yang masih tinggi terjadi di Sulawesi dengan nilai 1,19, dan Sumatera serta Kalimantan masing-masing 1,17.

“Pemerintah bersama dengan pemerintah daerah memonitor langkah-langkah agar (kenaikan kasus aktif Covid-19) bisa dimitigasi dan diantisipasi,” ucap Airlangga.

Koordinator PPKM luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto menyampaikan keputusan pemerintah soal PPKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News