Airlangga: Pemerintah Menyiapkan Rp 500 Miliar untuk Subsidi Ongkir Harbolnas

Sabtu, 24 April 2021 – 08:30 WIB
Airlangga: Pemerintah Menyiapkan Rp 500 Miliar untuk Subsidi Ongkir Harbolnas - JPNN.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah bakal memberikan subsidi biaya pengiriman atau ongkos kirim. Ilustrasi belanja online. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah bakal memberikan subsidi biaya pengiriman atau ongkos kirim (ongkir) dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada Ramadan 2021.

"Pemerintah akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim dan produk yang diutamakan adalah produk produk dalam negeri," ujar dia, di Jakarta, Jumat (23/4).

Menurut dia, pemerintah juga akan bekerja sama dengan asosiasi platform digital pelaku UMKM produsen lokal dan para pelaku logistik untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi.

“Dengan demikian kami berharap di bulan Ramadan ini terjadi peningkatan konsumsi dan membantu pemulihan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM dan produsen lokal,” ungkap dia.

Airlangga menuturkan pihaknya tengah menggodok mekanisme pemberian subsidi ongkir Harbolnas 2021.

“Pemerintah sedang mempersiapkan kegiatan kegiatan yang sejalan dengan (insentif) yang diberikan kepada industri otomotif maupun properti. Ini sedang dikaji secara lebih dalam dan dalam waktu singkat akan diumumkan,” kata dia.

Airlangga menyebut sejumlah platform juga akan berkontribusi pada Harbolnas 2021.

“Jadi intinya mereka juga akan menanggung ongkos kirim dan ini sedang dipersiapkan dengan menteri perdagangan,” ujar Airlangga.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...