Aji Santoso Dorong Penggunaan VAR di Liga 1 2023 Dipercepat, Ini Alasannya

Aji Santoso Dorong Penggunaan VAR di Liga 1 2023 Dipercepat, Ini Alasannya
Pesepak bola Persebaya Surabaya Song Ui-young (tengah) berusaha melewati hadangan pesepak bola Barito Putera Hasyim Kipuw (kanan) dan Amirrudin Bagas Kaffa Arrizqi (kedua kanan) dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1. FOTO: ANTARA/HO/Ofisial Persebaya/foc.

jpnn.com, SURABAYA - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mendorong penggunaan video assistant referee (VAR) dalam pertandingan Liga 1 2023 dipercepat.

Hal itu untuk mengurangi risiko kesalahan seperti yang terjadi di sejumlah pertandingan pada pekan dua Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

"VAR itu tentunya sangat bermanfaat, sepak bola maju seperti di Eropa semua menggunakan VAR, di Thailand dan Vietnam juga sudah menggunakan VAR, karena memang salah satu persyaratan untuk mengurangi risiko kesalahan seperti di GBT kemarin," ujarnya setelah memimpin latihan timnya di Lapangan THOR Surabaya, Selasa.

Menurut pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut, momen saat terjadi penarikan baju Song Ui-yong saat pertandingan Persebaya melawan Barito di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya tersebut jika dilihat lagi dengan VAR bisa jadi akan ada keputusan penalti.

"Sekali lagi, menurut saya kalau VAR itu memang secepatnya dibutuhkan, memang membutuhkan biaya tinggi tetapi itu memang proses untuk perkembangan sepak bola dan itu sudah semestinya membutuhkan finansial yang tinggi," kata pelatih asal Malang tersebut.

Meskipun VAR sudah dicanangkan akan digunakan pada musim ini, lanjutnya, akan lebih baik lagi jika hal tersebut dipercepat karena banyak sekali keputusan-keputusan wasit yang kontroversial.

"Memang sudah dicanangkan tapi kalau dipergunakan lebih cepat akan lebih baik. Tidak hanya saat Persebaya lawan Barito, tapi ada beberapa pertandingan lain seperti Arema lawan Persib terus Persita Tangerang juga sama PSIS, itu perlu VAR," tuturnya.

Oleh karena itu, pelatih kelahiran April 1970 tersebut berharap dengan penggunaan VAR, wasit akan lebih mengetahui semua hal yang tidak terlihat dengan kasat mata saat di lapangan.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mendorong penggunaan video assistant referee (VAR) dalam pertandingan Liga 1 2023 dipercepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News